Bagaimana cara menggunakan iCloud dan apa itu iCloud?

Tahun baru, gadget baru, dan iPhone baru. Ada beberapa user yang sering menanyakan apa itu iCloud? Bagaimana cara kerja iCloud? dan bagaimana cara menambah kapasitas iCloud? Di postingan kali ini saya mencoba menjelaskan cara singkat segala hal tentang iCloud.

icloud

Apa itu iCloud?

iCloud adalah layanan dari Apple yang berfungsi untuk menyimpan data seperti kontak, foto, backup data, sekaligus menyingkronkannya melalui server Apple. Pengertian mudahnya data kita yang ada di iPhone yang sudah login iCloud akan di upload dan tersimpan aman di server Apple. Jika hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti iPhone dicuri, maka data yang sudah di upload ke iCloud tetap aman dan bisa di download kembali. Untuk mengaksesnya kita hanya perlu email dan password iCloud itu sendiri.

iCloud juga mempunyai fitur untuk melacak iPhone yang hilang atau dicuri / Find my iPhone, yang terkadang menjadi bumerang karena jika lupa password iCloud maka iPhone akan terkunci aktivasi / terkunci iCloud, yang memerlukan cara khusus untuk mematikan Find My iPhone tanpa password atau yang sudah lupa password.

Bagaimana cara menggunakan iCloud?

Pengguna Apple diberi kapasitas sebesar 5GB iCloud secara gratis ketika mendaftar iCloud untuk pertama kali. Cara buat iCloud sangat mudah. Kita hanya memerlukan Apple ID, jika belum memiliki bisa membuat Apple ID terlebih dahulu.

Cara untuk Login iCloud di iPhone atau iPad

Jika kamu membeli iPhone atau iPad bekas yang sudah teraktivasi, atau melewati pengaturan iCloud saat aktivasi iPhone pertama kali bisa mengikuti langkah dibawah ini

  1. Buka Pengaturan
  2. Pada bagian atas tap login iCloud
  3. Tap iCloud kembali
  4. Masukkan Apple ID dan password yang sudah dimiliki

Apa fungsi dari iCloud?

Apabila sudah login semua pengaturan sudah diset otomatis on oleh Apple, beberapa fungsi yang sangat penting seperti:

  • Kontak – Ketika memiliki beberapa Apple device dan login menggunakan iCloud yang sama maka kontak akan disingkronisasikan dan kita bisa mengakses kontak dari iPhone atau dari iPad, sangat praktis dan memudahkan tentunya.
  • Foto – Setelah dinyalakan iPhone akan mengupload semua foto ke iCloud, dan ada dua pilihan, tetap menyimpan resolusi asli di iPhone atau menyimpan resolusi kecil apabila dibuka melalui app akan otomatis download resolusi besar dari Server Apple. Saya pribadi mengaktifkan fitur optimalkan penyimpanan iPhone karena fitur ini berguna untuk menghemat memori iPhone yang habis karena Foto. Tetapi ingat kapasitas iCloud yang gratis hanya tersedia 5GB, jika berlangganan akan tersedia kapasitas iCloud yang lebih besar hingga 2TB.
  • Catatan – Catatan yang diaktifkan akan disingkronkan ke beberapa device lain. Sebagai contoh : Ketika kita menulis catatan di iPhone akan otomatis tersedia di semua device Apple yang login iCloud yang sama.
  • Mail – Berfungsi untuk Mengaktifkan Email dari Apple ID di aplikasi Mail iPhone.
  • Cadangan iCloud / Backup Data Fitur yang sangat berguna apabila hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kehilangan / rusak iPhone. Kita hanya perlu login iCloud dan semua data akan otomatis kembali seperti semula. Beberapa pengguna mengaktifkan ini tetapi saya pribadi tidak menggunakan dengan alasan fitur ini sangat memakan kapasitas dari iCloud itu sendiri, dan akan keluar notifikasi “Pencadangan iPhone gagal iPhone ini tidak dapat dicadangkan karena penyimpanan iCloud tidak cukup.” Cukup dengan mematikan fitur ini akan menghilangkan notifikasi tersebut.

Berapa harga untuk upgrade iCloud

Saat pertama kali mendaftar kita akan mendapatkan penyimpanan iCloud 5 giga secara gratis, jika kamu ingin menambah penyimpanan iCloud karena sering keluar notifikasi “Pencadangan iPhone gagal” kamu bisa membelinya melalui pengaturan. Untuk melakukan pembayaran ke Apple kamu bisa mengisi kartu kredit / debit yang menu pembayaran di Apple Store atau jika tidak memiliki kartu kredit kamu bisa membeli iTunes Gift Card yang akan masuk berupa saldo Rupiah seperti pulsa. Untuk beli iTunes Gift Card Indonesia bisa menghubungi saya atau mengisi komentar dibawah.

Berikut list harga untuk upgrade iCloud :

  • 50GB – Rp 15,000 per bulan
  • 200GB – Rp 45,000 per bulan
  • 2TB – Rp 149,000 per bulan

Cara untuk upgrade iCloud melalui iPhone

Kita bisa melakukan upgrade iCloud langsung di iPhone, cara untuk upgrade iCloud di iPhone:

  1. Buka app pengaturan
  2. Tap Apple ID yang ada di posisi paling atas
  3. iCloud
  4. Kelola penyimpanan
  5. Ubah penyimpanan
  6. Dan pilih paket yang diinginkan

Banyak fungsi iCloud lain yang bisa memudahkan jika kamu memiliki banyak idevice dan login menggunakan satu iCloud untuk semua device. Seperti bisa melakukan iMessage dan menerima Telp melalui Macbook dan iPad. Find My iPhone dari iCloud juga bisa mengetahui lokasi dari Airpods yang hilang. Selain itu jika membuat dokumen di salah satu device, kita dapat dengan mudah membukanya di device lain karena saat kita menyimpan dokumen tersebut, device akan menyingkronkan ke server Apple dan membuat dokumen tadi tersedia di semua device yang kita miliki.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Suka dengan postingan ini?

Daftar dan subscribe untuk mendapatkan konten terbaru!

About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment