Cara Upgrade SSD Macbook Air agar lebih murah

Macbook Air memang laptop yang bandel dan sangat flexibel untuk dipakai kerja atau dibawa kemana-mana. Hard Disk yang digunakan pun sudah menggunakan SSD yang memiliki transfer data jauh lebih cepat dan cenderung tahan lama daripada hard disk lama. Memang keunggulan SSD dari Macbook Air sangat banyak tetapi biaya yang digunakan untuk mengganti SSD juga lebih mahal, terlebih jika kamu hanya membeli Macbook Air dengan kapasitas 128gb saja. Apabila kamu tidak mengakalinya dengan menyimpan data-data besar seperti foto, film, backup iTunes di hard disk eksternal maka Macbook kamu akan kepenuhan memori.

Solusi yang bisa digunakan sekarang yaitu upgrade SSD Macbook Air, dan upgrade SSD Macbook Air cukup mudah dilakukan oleh pengguna. Kita tidak perlu datang ke Apple Service Center atau service apple terdekat karena dengan hanya membuka baut case belakang dari Macbook Air kita sudah mendapatkan akses ke SSD itu sendiri. Memang dengan datang ke service apple terdekat di kota kamu kita tidak perlu menanggung resiko yang ada untuk mengganti SSD ini. Resiko yang perlu diingat jika mengganti SSD Macbook Air sendiri yaitu :

  1. Salah beli SSD (Karena Port berbeda-beda tergantung dari tahun berapa Macbook Air dibuat)
  2. Garansi bisa hilang, lebih baik cek dulu garansi dari Macbook Air kamu
  3. Cara ini adalah mengganti SSD dengan menggunakan adapter, saya tetap menyarankan menggunakan SSD yang didukung resmi oleh Apple, ini hanya pengalaman pribadi dan trik agar lebih murah untuk upgrade SSD Macbook Air

Dibawah ini akan saya bahas cara mengganti SSD Macbook Air agar lebih murah, berikut dengan SSD yang sesuai dengan Macbook kamu. Case belakang yang perlu dibuka juga sangat mudah, dan perlu obeng bintang 5, dan tutup SSD obeng bintang 6. Saya sendiri mengganti SSD Macbook Air hanya memerlukan waktu 10 – 15 menit, belum termasuk Install Ulang MacOS ya. Dan perlu diingat kembali : jika Macbook Air kamu masih dalam masa garansi, ada kemungkinan garansi akan hilang jika mengganti SSD ini, pastikan garansi sudah habis.

Cara upgrade SSD Macbook Air tahun 2010 s/d 2017 agar lebih murah

Trik agar lebih murah upgrade SSD Macbook Air mulai tahun 2010 hingga tahun 2017

  1. Backup Data terlebih dahulu
  2. Beli paket SSD dan adapter sesuai Model dan Tahun Macbook
  3. Install Mac OS tipe tertinggi
  4. Lepas Casing bagian belakang dari Macbook
  5. Pasang SSD yang sudah disiapkan

Simak uraian lebih lengkapnya dibawah ini

Backup Data terlebih dahulu

Karena tipe SSD Macbook Air yang berbeda, akan lebih baik kamu melakukan backup semua data ke hard disk external. Tetapi backup data bisa juga dilakukan jika kamu memiliki enclosure yang merubah SSD Mac menjadi hard disk external.

Beli paket SSD dan adapter sesuai Model dan Tahun Macbook

Karena jumlah pin yang berbeda dari Mac perlu diperhatikan model dan tahun dari Macbook Air kamu dan pastikan ke penjual apakah sudah sesuai sebelum membeli. Ada tiga tipe SSD dari Macbook Air tergantung tahun pengeluaran yaitu :

  • Macbook Air Tahun 2010 – 2011
  • Macbook Air Tahun 2012
  • Macbook Air Tahun 2013 – 2017

Yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah SSD Macbook Air yang didukung secara resmi sangat mahal harganya, misalnya saja Macbook Air dengan tahun 2013 saja hanya OWC Aura yang disupport, itupun dengan harga mulai dari 5jt rupiah 240GB, dan 10jt rupiah untuk 1TB. Tetapi saya kemarin mengakalinya dengan memakai adapter dan bisa menggunakan SSD NvME seperti Samsung 970 Evo Plus M.2 dengan harga 4,8jt rupiah saja. Jauh lebih murah daripada SSD resmi bukan?

Memilih paket SSD yang lengkap cukup banyak ditemui sekarang di Tokopedia ataupun marketplace lainnya, saya memilih paket dengan adapter sintech dari Tokopedia.

paket adapter ssd macbook air 1

Link Tokopedia

Sebelum kamu membeli lebih baik tanya dengan detail model dari Macbook Air kamu apakah didukung, dan jika perlu minta install OS sekalian jadi kamu hanya perlu pasang dan langsung bisa digunakan tanpa harus menginstall OS terlebih dahulu. Penjual yang saya temui kemarin cukup responsif untuk menjawab semua pertanyaan yang saya tanyakan termasuk apakah ada efek lain dari menggunakan adapter.

Sebagian adapter lain mempunyai efek samping ke Macbook itu sendiri seperti :
– Menimbulkan over heat & battery leak
– Hibernate / Sleep mode berfungsi sempurna
– Menimbulkan Kernel Panic / BSOD di Bootcamp Windows

Tetapi setelah memilih dan memastikan menggunakan adapter sintech ini Macbook Air saya tidak ada kendala yang lain dan masih lancar dan enak untuk digunakan hingga sekarang. Dan jika kamu memutuskan untuk membeli, langkah selanjutnya adalah Install MacOS tipe tertinggi

Install Mac OS tipe tertinggi

Kenapa harus upgrade OS terlebih dahulu? Jadi, penggunaan adapter NvME belum didukung untuk MacOS sebelum High Sierra, dengan kamu upgrade ke High Sierra atau Catalina sekalian, BIOS akan otomatis terupdate dan akan mensupport dari penggunaan SSD M.2 NvME. Saya sendiri langsung menginstall Catalina di Macbook Air yang akan diupgrade SSDnya.

Lepas Casing bagian bawah dari Macbook

Cara Upgrade SSD Macbook Air agar lebih murah
foto bagian belakang macbook air

Sebelum paket SSD datang apakah kamu sudah mempersiapkan peralatan untuk membuka casing belakang dari Macnya? Peralatan yang diperlukan cukup murah, hanya dengan kisaran harga 100-150rb dan dapat ditemukan di Marketplace.

Langkah selanjutnya yaitu cabut Magsafe kamu dari Macbook dan buka Casing bagian bawah dari Macbook dengan menggunakan obeng dengan bintang lima, atau tipe TS4. PENTING! Ingat dan catat posisi dari baut-baut karena tidak semua baut memiliki panjang yang sama. Setelah casing bawah dibuka akses ke SSD sudah terlihat, dan akan lebih baik jika kamu membersihkan tutup casing terlebih dahulu sebelum memasang SSD yang ingin diganti.

Bagian dalam yang paling banyak memakan tempat adalah baterai, dan tepat di atas baterai adalah SSD, dan sebelah kirinya adalah konektor baterai. Penting! Lepas konektor baterai terlebih dahulu sebelum mengganti SSD.

Pasang SSD yang sudah disiapkan

Bagian favorit saya yaitu memasang SSD yang baru dibeli. Setelah soket baterai terlepas lanjut menggunakan obeng TS5 untuk melepas SSD sebelumnya dan memasang paket SSD beserta adapter yang baru.

Setelah SSD sudah terpasang sempurna, masukkan kembali baut yang sebelumnya dilepas, pasang konektor baterai, dan pasang casing belakang beserta baut-baut sesuai posisi baut yang sebelumnya.

Kesimpulan…

Menggunakan Adapter dan SSD NvME M.2 merupakan solusi lebih murah untuk upgrade SSD Macbook Air. Selama ini, saya tidak menemukan segala kendala, dan Mac juga masih enak dipakai untuk kerja, tentu saja ruang memori menjadi sangat lega dibanding sebelumnya. Dan untuk catatan penting, ini hanya pengalaman pribadi saya sendiri mengganti SSD Macbook Air dengan menggunakan Adapter. Saya tidak menyarankan kamu untuk melakukan ini dan jika ada dana lebih saya akan menyarankan memilih SSD yang didukung resmi oleh Apple tanpa menggunakan adapter.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Categories Mac

Suka dengan postingan ini?

Daftar dan subscribe untuk mendapatkan konten terbaru!

About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

2 thoughts on “Cara Upgrade SSD Macbook Air agar lebih murah”

  1. Barang kali mbuat channel YouTube mas, lumayan bermanfaat banget ini, banyak orang lebih percaya / berani melakukan tips2 berharga sampean dengan video, kalo dengan tulisan mah belom berani orang2, toh lumayan juga dapet penghasilan dari YouTube

    Reply

Leave a Comment