Ketika Macbook Pro 13 Touchbar 2016 keluar bunyi “tuk” aneh

Pertama kali dirilis oleh Apple di tahun 2016, model terbaru dari Macbook Pro 13 yang memiliki desain tipis, warna baru space grey, dan desain keyboard “butterfly mechanism keyboard”, serta strip touch bar yang bisa disentuh, saya langsung tertarik mengganti Mac lama dengan tipe ini. Tetapi sekitar 1 bulan terakhir, Macbook Pro 13 Touchbar 2016 ini mulai mengeluarkan bunyi aneh “tuk” “pop” atau “krek” dibagian engsel atau LCD. Setelah cari info dan liat video di youtube ternyata saya gak sendirian. Banyak Macbook Pro keluaran 2016 keatas terutama yang Touchbar juga keluar bunyi “pop” dibagian LCD nya, bunyi aneh seperti plastik dipencet, kecewa barang mahal dan baru dipakai kurang lebih 3 tahun ada cacat di desain.

Keluar bunyi “krek” saat Macbook Pro dibuka

Kondisi ini yang saat ini saya alami, terutama saat Macbook sedang lama tidak digunakan, biasanya seharian mati, dan kondisi sedang dingin, setelah dibuka keluar bunyi POP! dan 15 menit kemudian saat Macbook mulai panas bunyi kembali, dan akan menghilang sampai dishutdown tetapi terus berulang ketika Macbook Pro kembali dingin ingin digunakan.

video macbook pro keluar bunyi pop

Apa yang menyebabkan bunyi aneh pada Macbook Pro 13 Touchbar 2016?

Masih simpang siur apa yang menyebabkan bunyi aneh ini. Beberapa komentar yang saya baca di Youtube maupun forum Mac mengatakan bunyi berasal dari bagian bawah belakang LCD, ada juga yang mengatakan dari kipas / fan yang memuai karena panas dan terbentur dengan bodi metal dari Macbook sehingga menyebabkan bunyi “tuk”. Untuk kasus Macbook Pro Touchbar saya, bunyi seperti berasal dari engsel LCD.

Bagaimana cara memperbaiki bunyi klik pada Macbook Pro Touchbar?

Dari semua kasus bunyi klik di Macbook Pro Touchbar jawaban yang saya temui sedikit mengecewakan, tidak ada cara pasti bagaimana memperbaiki bunyi klik ini. Beruntung bagi yang masih dalam masa garansi Apple 1 tahun, ada beberapa user yang sudah dibawa ke Apple Genius Bar dan sparepart yang diganti oleh Apple pun berbeda-beda, ada user yang diganti top casing, LCD full assembly bahkan ada juga yang diganti full mainboard.

Karena Macbook Pro yang saya gunakan ini sudah habis masa garansinya, solusi yang bisa saya gunakan sekarang yaitu setelah shutdown, saya menunggu Macbook Pro dalam kondisi dingin dahulu sebelum ditutup lid-nya. Hal ini akan meminimalkan bunyi klik yang terjadi ketika Macbook ingin digunakan kembali.

Mudah-mudahan saja bunyi klik yang terjadi ini tidak sampai menurunkan performa dari Macbook dan tidak sampai merusak komponen yang ada di dalam Macbook itu sendiri.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Categories Mac

Suka dengan postingan ini?

Daftar dan subscribe untuk mendapatkan konten terbaru!

About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment