Tips Membeli barang bekas / second di Online Tokopedia Bukalapak Olx

Mencari barang dengan harga murah memang menjadi incaran setiap orang. Apalagi sekarang, dengan mudahnya akses online, kita bisa cari barang bekas dimana saja. Tinggal buka smartphone dan langsung akses marketplace seperti bukalapak / olx / tokopedia. Pada blog kali ini kita akan bahas beli iPhone X bekas dan tips ini bisa diaplikasikan untuk beli produk bekas lain. Dengan harga baru sekitar 15 juta keatas (harga per Agustus 2018, mungkin kita bisa berhemat banyak jika memilih beli Apple iPhone X yang bekas dan bagus. Akan tetapi perlu diperhatikan juga hal-hal sebelum memutuskan membeli. Langkah-langkah mudah yang saya lakukan ketika mencari barang second atau bekas di online seperti tokopedia / bukalapak yaitu.

Langkah mudah beli barang bekas via Online

  • Lakukan pencarian
    Pada kotak cari kita dapat mengetikkan kata kunci produk yang diinginkan, pada contoh kali ini “iPhone X” dan akan muncul beberapa produk terkait kata kunci iPhone X yang kita masukkan, termasuk produk seperti casing dan aksesoris iPhone X.
  • Saring pencarian
    Dengan memilih filter kondisi Bekas pada aplikasi Tokopedia kita bisa menyaring pencarian dengan lebih spesifik. Ketika melakukan langkah ini, sudah banyak produk yang hilang tetapi masih ada produk-produk lain seperti charger iPhone X, mungkin ada seller yang menjual barang bawaan iPhone X dalam kondisi bekas dan lain-lain. Lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Masukkan harga minimum 
    Disini kita ingin harga yang masuk akal, apa mungkin ada yang jual iPhone X dengan harga 3-5 juta? Kalaupun ada dengan harga 7juta juga kita perlu berhati-hati karena bisa jadi produk tersebut dalam kondisi rusak, atau produk curian, kita tidak ingin terkena penipuan online, langsung input saja harga minimal 10 / 11 juta. Dengan harga 11 juta saja kita bisa berhemat 4-5 juta dibandingkan dengan beli baru (harga per tanggal blog ini dibuat Agustus 2018).
  • Penyaringan lainnya
    Kita bisa lakukan penyaringan lain yang diperlukan, seperti lokasi penjual
  • Sortir harga terendah
    Memudahkan untuk mencari produk dengan harga terendah dari filter harga minimum yang kita input. Biasanya disini saya menemukan “good deals” dengan dapat harga iPhone X hanya dengan 10juta saja.
  • Diskusi dengan penjual
    Selanjutnya kita tinggal memantau produk-produk yang ada di list dan berdiskusi dengan penjual, seperti menanyakan barang ready ? Kondisi seperti apa ? Garansi dan kelengkapan produk.

Produk sudah didapat, harga cocok, apa langkah yang perlu diperhatikan lagi ketika membeli barang bekas via online? Disini ada beberapa tips membeli barang bekas di Tokopedia, jangan sampai kita kecewa pada produk yang kita beli ketika barang sudah sampai tujuan, memang ada fitur komplain produk tetapi itu menyita waktu lama dan juga kita harus berdiskusi kepada penjual terlebih dahulu.

kode promo beli barang bekas tokopedia

Tips Belanja Barang Bekas di Online

  1. Cari Marketplace lain
    Ketika mencari barang bekas di online, Jangan terpaku pada satu marketplace saja, buka marketplace lain yang punya fitur rekening bersama seperti Bukalapak, masukkan filter yang sama seperti diatas. Biasanya ada penjual yang tidak jualan di Tokopedia tetapi jualan di Bukalapak. Begitu juga sebaliknya.
  2. Cek reputasi seller
    Kita tinggal klik akun seller dan cek ulasan-ulasan produk yang ada pada akun mereka. Jika ulasan yang kita baca pada umumnya bagus kita bisa lanjutkan transaksi, biasanya saya menemukan barang bekas dengan harga miring dari penjual yang tidak memiliki ulasan begitu banyak, karena saya artikan sendiri penjual tersebut pengguna biasa bukan pedagang online. Tentunya pedagang online akan mencari untung tersendiri dari penjualannya. Tetapi belum tentu pedagang online tidak bisa memberikan harga miring untuk iPhone X. Jadi sebaiknya kita buat list untuk calon barang bekas yang akan kita beli dari reputasi seller yang bagus.
  3. Cek Kondisi dan Garansi
    Tips ketiga membeli iPhone bekas di Online yaiut dengan memanfaatkan fasilitas diskusi dan chat via Tokopedia, saya tanyakan nomer Whatsapp kepada penjual, untuk menanyakan kondisi produk, garansi, foto detail, jangan lupa untuk minta foto aksesorisnya dan kelengkapan juga dan pastikan itu original supaya kita terhindar dari barang refurbish. Ingat, jangan tergiur jika ditawari oleh Seller untuk bertransaksi diluar marketplace, WA penjual hanya untuk mendapatkan informasi detail dari calon barang bekas yang akan kita beli. Bukan untuk bertransaksi via transfer langsung.
  4. Fasilitas escrow / rekening bersama Tokopedia / Bukalapak
    Seperti yang dijelaskan langkah diatas, beberapa marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak memiliki fasilitas escrow atau rekening bersama yang akan melindungi kita sebagai calon pembeli dari penipuan online. Fasilitas escrow ini merupakan yang paling vital untuk tips membeli barang bekas via online. Selalu transaksi sesuai langkah dari marketplace yang kita pilih. Jangan lakukan transfer dana diluar dari rekening bank resmi marketplace yang kita pilih. Fasilitas escrow akan melindungi kita selama barang belum diterima, dana yang kita transfer akan aman di marketplace sebelum klik konfirmasi terima barang, dan juga akan ada fasilitas komplain produk jika produk yang kita terima bermasalah dalam pengiriman.
  5. Selalu Cek Kode Promosi
    Sebelum checkout saya selalu cari kode promosi gratis ongkir ataupun diskon produk pada marketplace. Kita bisa berhemat ongkos kirim atau diskon produk hingga 10% jika ada kupon yang berlaku pada saat itu.

Jangan terburu-buru dalam membeli barang bekas via online. Kesabaran adalah kunci dalam mendapatkan barang bekas bagus dengan harga miring via Tokopedia. Ingat, kita bisa ajak penjual COD jika penjual dalam satu kota, ajak teman atau kerabat kalau ingin ketemuan dengan calon pembeli. Selamat berburu produk bekas.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Suka dengan postingan ini?

Daftar dan subscribe untuk mendapatkan konten terbaru!

About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment