Xiaomi Wifi Extender Pro Review Indonesia

Kebutuhan Internet di rumah menjadi kebutuhan penting bagi saya karena kerjaan yang memerlukan Internet kencang dan nyaman dipakai. Disaat Wifi Router yang ada di rumah cuma satu dan berada di dalam kamar, sinyal yang saya dapat saat menggunakan gadget di ruang tamu ataupun dapur sangat sedikit. Setelah mencari produk yang cocok di Tokopedia saya menemukan Wifi Extender dari Xiaomi. Mungkin ini menjadi solusi memperkuat sinyal wifi lemah di rumah. Nah, mumpung baru dua hari ini saya menggunakannya, sekalian saja saya review Xiaomi Wifi Extender Pro Indonesia di tulisan kali ini.

Xiaomi Wifi Extender Pro – Spesifikasi

  • Kecepatan Data : 300Mbps
  • Antena : 2 x 2dBi
  • Tipe Colokan : US / Amerika
  • Dimensi : 6.90 x 6.90 x 3.50 cm

Tempat beli dan harga Xiaomi Wifi Extender Pro

  • Link Tokopedia tempat saya beli Xiaomi Wifi Extender Pro : Tokopedia
  • Harga : 200,000
produk xiaomi wifi extender pro

Desain

Dari desainnya saya terpikat dengan Xiaomi Wifi Extender Pro ini, dilihat dari gambar produk desainnya simpel dan terlihat minimalis yang langsung ditancapkan ke colokan listrik, tanpa menggunakan adapter.

Tetapi sangat disayangkan juga versi yang saya beli ini merupakan versi US / Amerika sehingga memerlukan adapter atau konektor listrik tambahan untuk colokan Indonesia.

Salah satu alasan utama saya memilih produk ini karena desain kotak yang simpel dan berwarna hitam seperti elegan dan terlihat keren, tidak terlihat ribet dan ada dua antena kecil disisi kiri dan kanannya.

Terdapat tombol reset yang berfungsi untuk pairing atau reset ke pengaturan awal, tetapi untuk mengaksesnya kita memerlukan tusuk yang sering digunakan untuk sim card atau jarum kecil juga bisa.

Lanjut cara setting Xiaomi Wifi Extender Pro Review Indonesia di bawah.

Cara setting Xiaomi Wifi Extender Pro iOS / Android

Pada saat paket datang, saya menggunakan perangkat iPhone 7 untuk setting awal Mi Wifi Extender Pro ini. Caranya cukup mudah yaitu:

  1. Siapkan tusuk / jarum biasanya untuk membuka tray sim card Hp
  2. Colok Xiaomi Wifi Extender Pro di soket listrik
  3. Download aplikasi Mi Home di App Store
  4. Daftar dan login di aplikasi Mi Home
  5. Buka Profile – Setting – Region – pilih Chinese Mainland
  6. Kembali ke Home – klik tanda + di pojok kanan atas
  7. Pilih Mi Wi-Fi RepeaterPro
  8. Reset perangkat menggunakan jarum, tekan selama 5 detik
  9. Login ke Wifi yang ingin diperkuat sinyalnya
  10. Login ke Wifi Mi Wi-Fi Repeater Pro
  11. Tunggu proses selesai.

Cara setting Xiaomi Wifi Extender Pro untuk iOS memang lebih banyak dibandingkan di Android. Untuk Android dari video yang saya lihat di Youtube sangat mudah, cukup nyalakan bluetooth dan buka aplikasi Mi Home Mi Wifi Repeater ini akan terdeteksi otomatis, dan bisa mengikuti petunjuk yang diberikan selanjutnya oleh aplikasi. Jangan lupa untuk setting region ke Chinese Mainland terlebih dahulu agar pairing tidak gagal.

Menu Wifi Extender Pro di aplikasi Mi Home

Jika sudah berhasil pairing sekarang kita bisa mengakses menu di aplikasi Mi Home. Terdapat pengaturan Wi-fi Roaming, pengaturan Wi-Fi, status berapa perangkat yang sedang terhubung dan versi firmware. Di pengaturan Wi-Fi kita bisa merubah nama Wi-Fi yang sudah diperkuat sinyalnya dan juga passwordnya.

xiaomi wifi extender pro kondisi menyala
xiaomi wifi extender pro kondisi menyala

Xiaomi Extender Pro 2 Review Kecepatan Speedtest

Untuk diketahui sebelumnya, wifi utama rumah, saya menggunakan MyRepublic dengan paket 50Mbps. Pada awalnya saya sedikit kecewa dengan produk ini. Kenapa? Ekspektasi awal saya setelah diperkuat sinyal wifinya dan saya mengakses di ruang tamu atau di ruangan mana saja yang wifi router utama sinyal lemah saya pikir akan mendapatkan speed di 50Mbps tetapi setelah speedtest kok hanya di 17Mbps mentok 20Mbps.

Dan akhirnya setelah membaca spesifikasi lagi secara detail sinyal utama dari perangkat ini terbatas di 2.4GHz WiFi. Dengan spesifikasi ini kita hanya bisa mendapatkan speedtest di 10-30Mbps download dan upload. Belum lagi letak dari Xiaomi Wifi Extender ini juga menentukan berapa speed yang kita dapat setelahnya, jika terlalu jauh dari router utama dan terdeteksi sinyal lemah speed hanya mentok di 1Mbps.

Setelah mencoba pasang Mi Wifi extender pro ini disemua soket listrik di rumah saya menemukan lokasi yang pas yaitu colokan dapur. Kekecewaan sedikit berkurang setelah ini, dari speed router utama Myrepublic speedtest pada saat post ini dibuat ada di 30Mbps dan saya akses di ruang tamu atau dapur saya mendapatkan speed di 6Mbps. Dengan menggunakan Mi Wifi Extender ini saya bisa mendapatkan speed stabil di 18Mbps, cukup signifikan peningkatannya, mengingat letak router utama saya juga cukup jauh di kamar lantai dua.

speed utama
speed utama
speedtest tanpa xiaomi wifi extender
speedtest tanpa xiaomi wifi extender
speedtest pakai xiaomi wifi extender
speedtest pakai xiaomi wifi extender

Penggunaan untuk streaming youtube, browsing juga lancar, jadi saya pikir saya mendapatkan tawaran bagus dari produk ini.

Kesimpulan, haruskah beli Xiaomi Wifi Extender Pro?

Ya, jika kamu sangat kesulitan dirumah dengan wifi utama sinyal lemah. Xiaomi Wifi Extender Pro ini bisa menjadikan solusi memperkuat sinyal wifi lemah di rumah yang terdapat banyak tembok penghalang seperti di dalam kamar atau bisa digunakan di kantor juga biar speed lebih kencang.

Dengan harga hampir sama dari yang versi USB tidak ada perbedaan dari speedtest yang didapat. Tetapi lebih ke desain dan colokan yang langsung tanpa memerlukan adapter colokan USB lagi. Jika budget terbatas kamu bisa memilih Xiaomi Mi WiFi Amplifier Repeater 2 link produk bisa klik disini.

Perlu diingat Mi Wifi Ampilifer Repeater 2 tidak ada fitur otomatis update seperti versi Pro ini. Kita tidak perlu lagi mengecek apakah ada update versi terbaru, karena semua update termasuk update keamanan akan diupdate otomatis oleh sistem.

Jadi itulah Xiaomi Wifi Extender Pro review Indonesia, solusi yang cukup terjangakau jika ingin memperkuat sinyal wifi yang lemah di rumah atau di kantor.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Suka dengan postingan ini?

Daftar dan subscribe untuk mendapatkan konten terbaru!

About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

8 thoughts on “Xiaomi Wifi Extender Pro Review Indonesia”

  1. Gan, dirumah juga pake my republic, sinyal bar full, tp kadang dipake ngePES kok ngelag? klo dipasang repeater ini apa bisa kenceng g ngelag gan?

    Reply
    • Kalo sinyal full pake repeater ini gak ngaruh, ini cuma buat nambah sinyal di area yang jauh dari router utama. Coba cek ada addon tambahan ip static gak? ip myrepublic itu dynamic artinya ip berubah-ubah, mungkin itu yg menyebabkan ngelag, punya saya beli tambahan addon ip static Rp.30.000 / bulan, gak pernah buat main PES sih, tapi buat main DOTA 2 lancar.

      Reply
  2. Saya baru beli xiaomi extender pro, cuma kok konek tp no internet, trus klo ke hp no obtaining ip address kenapa ya? Klo ke laptop kada bisa kadang ngga.. sinyal di apikasi xiaomi ya udah bagus padahal

    Reply
    • xiaomi extender nya konek kemana ? cek router utama nya dulu aja. atau coba tethering hp nyalain trus konekin xiaomi extender ke hp, bisa dipake internet atau ngga.

      Reply
  3. Hallo. Saya baru beli wifi extender nya. Pas dicolok kan biasanya muncul nama wifi xiaomi-repeater-xxx gitu kan. Nah ini tuh engga. Udah di reset beberapa kali juga hasilnya sama. Tau ga ya kenapa?

    Reply
    • Setting nya pakai iOS atau Android? Kalo saya setting aplikasi Mi Home nya di iOS jadi setting tambah manual pakai cara di atas, tidak keluar otomatis seperti di Android.

      Reply
  4. Gan sy pakai xiomi extender uda dipakai lancar tapi kmrn ganti sandi wifi utama langsung lampu indikator kuning berkedip trs uda aku reset ulang tapi di aplikasi mi home tidak terdeteksi/perangkat tidak ditemukan terus..

    Reply

Leave a Comment