Cara cek IMEI iPhone resmi, asli, replika atau BM?

Pengecekan IMEI pada iPhone merupakan hal yang paling penting dilakukan sebelum membeli iPhone. Melalui IMEI saja, kita bisa mengetahui keaslian iPhone dan status dari Find My iPhone nyala atau tidak. Dengan cara cek IMEI iPhone yang benar, kita dapat mengetahui status dari lock icloud atau Find My iPhone juga sangat penting, agar iPhone bisa direset ulang atau diatur ke pengaturan pabrik, status iCloud diwajibkan dalam kondisi off, kalau tidak iPhone akan terkunci iCloud, dan jika kita tidak mengetahui email dan password dari iCloud tersebut, maka iPhone tidak akan bisa digunakan. Selain itu, dengan menggunakan IMEI, kita juga bisa mengecek status garansi dari Apple melalui website resminya.

Di postingan kali ini akan dibahas mengenai cara cek IMEI iPhone, apakah iPhone tersebut resmi, asli, habis masa garansinya, atau replika dan palsu.

cara cek imei iphone 7

Bagi pengguna yang sudah lama menggunakan produk Apple membedakan iPhone asli atau tidak sangatlah mudah, dari fisiknya dan dari tampilan iOS saja sangat mudah dibedakan iPhone tersebut asli atau tidak. Karena sistem operasi Apple iOS yang hanya bisa digunakan di iPhone asli dan akan sangat berbeda jika perangkat tersebut adalah iPhone replika. Tetapi bagi pengguna baru, atau awam tentang produk Apple mengecek keaslian iPhone bisa dilakukan dengan bantuan IMEI. Sebelum membeli iPhone bekas atau baru kita bisa menanyakan ke penjual IMEI dari iPhone tersebut dan mengeceknya secara online.

IMEI merupakan identifikasi yang membedakan perangkat seluler tersebut dengan perangkat seluler yang lain. IMEI ( International Mobile Equipment Identity ) adalah kode unik yang terdiri dari 15 digit yang ada di setiap perangkat seluler tipe GSM, dan MEID jika perangkat tersebut adalah CDMA.

Cara Cek IMEI iPhone – dimana letak IMEI iPhone?

Sebelum kita mengecek IMEI iPhone, kita perlu mengetahui dimana saja letak IMEI yang tertulis secara fisik atau ada di dalam sistem iOS.

  • Dusbook bagian belakang
    Pada bagian belakang dusbook iPhone, ada tertulis IMEI / MEID, dan serial number, kita bisa mencocokkan IMEI yang tertulis di dus dengan yang ada di dalam sistem.
  • Simtray iPhone
    IMEI juga ada tertulis di simtray iPhone yang terletak dibagian ujung atas dari simtray tersebut.
  • Menu Phone / Telepon
    Dengan menuliskan kode dial *#06# pada aplikasi Phone / Telepon kita dapat mengetahui Informasi dari perangkat iPhone dan juga IMEInya
  • Aplikasi iTunes / pihak ketiga
    Apabila kamu memiliki akses ke komputer dengan menghubungkan iPhone menggunakan kabel data, dan sudah menginstall iTunes, kita bisa mengecek IMEI dan informasi lainnya. Informasi ini akan lebih lengkap apabila menggunakan software dari pihak ketiga seperti 3utools. Untuk lebih detail tentang 3utools bisa baca postingan ini.
  • Dari Pengaturan / Settings
    Untuk mengetahui IMEI di sistem iOS kita bisa membuka aplikasi Pengaturan / Settings. Caranya bisa dicek dibawah ini.

Cara cek IMEI iPhone di sistem iOS

  1. Masuk Aplikasi Pengaturan
  2. Scroll ke bawah dan tap menu Umum / General
  3. Tap menu Tentang / About
  4. Scroll ke bawah akan ada keterangan IMEI dan detail lainnya.
Cara cek IMEI di sistem iPhone

Kita bisa mencocokkan semua IMEI dari lokasi di atas dan jika ada yang berbeda, besar kemungkinan iPhone tersebut adalah iPhone rekondisi, atau refurbish.

Cara Cek IMEI iPhone untuk mengetahui keaslian, resmi atau tidaknya

Sangat mudah untuk mengecek keaslian dari iPhone, dengan hanya memasukkan IMEI di website resmi Apple dan jika keluar status garansinya maka iPhone tersebut adalah iPhone asli. Silahkan baca postingan tentang cara cek garansi iPhone, jika sudah kita bisa lanjut mengecek status dari Find my iPhone menyala atau tidak. Karena cek status Find My iPhone sangat penting dilakukan sebelum kita memutuskan membeli iPhone bekas.

Cek status Find My iPhone melalui website iunlocker

Jika kamu belum memiliki akses ke iPhone nya, dan ingin membeli secara online kamu bisa menanyakan IMEI ke penjualnya dan mengecek IMEI iPhone tersebut. Alternatif lain selain website Apple yaitu dari website pihak ketiga iunlocker. Dari website ini kita bisa melihat status iCloud ON atau OFF dan clean / bersih dari blacklist. Untuk cek status Find My iPhone di website iunlocker bisa klik link ini.

iunlocker imei cek
tampilan website iunlocker untuk cek IMEI

Selain cek status iCloud, melalui website ini juga kita bisa cek IMEI dan mengetahui informasi seperti warna iPhone, jenis iPhone, dan memori asli yang ada di iPhone tersebut. Status garansi juga muncul, ini bisa menjadi alternatif lain untuk cek garansi resmi dari Apple. Silahkan klik link ini untuk cara cek IMEI iPhone dari website iunlocker.

cek icloud dari iunlocker
tampilan website iunlocker untuk cek iCloud

Cek IMEI iPhone melalui aplikasi 3utools

Dengan menghubungkan perangkat iPhone ke komputer menggunakan kabel data, dan membuka aplikasi pihak ketiga 3uTools, kita dapat mengecek IMEI iPhone, dan IMEI sparepart iPhone seperti LCD yang merupakan kelebihan dari 3uTools. Sangat disayangkan aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows, tidak untuk Mac. Aplikasi 3uTools saya pakai sebagai pembanding saja, dan tidak terlalu mempercayai data yang ada. Karena data dari serial number sparepart belum tentu valid atau tidaknya. Tetapi untuk pengecekan IMEI 3uTools bisa menjadi pilihan yang pas.

Cek iPhone legal atau ilegal?

Baru-baru ini di tahun 2020 Kementerian Perindustrian melalui website resminya https://imei.kemenperin.go.id/ mengeluarkan situs untuk pengecekan IMEI. Website ini dikeluarkan karena pemerintah menerapkan aturan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) per tanggal 18 April 2020. Adapun perangkat yang masuk lingkup validasi IMEI adalah produk smartphone, perangkat seluler, tablet termasuk iPhone. Aturan ini diberlakukan terkait barang black market (BM) yang marak di pasaran Indonesia. Dijelaskan di instagram resmi kemenperin Untuk perangkat HKT yang sudah diaktifkan sebelum tanggal 18 April 2020 masih dapat digunakan walaupun merupakan barang black market (BM) karena peraturan ini masih belum berlaku. Sedangkan setelah tanggal tersebut kita perlu mengecek apakah iPhone tersebut resmi atau tidak.

cek imei iPhone asli atau BM kemenperin
Hasil cek dari database Kemenperin, iPhone yang sudah aktif sebelum tanggal 18 April 2020 dan tidak terdaftar di database Kemenperin, tetapi masih normal digunakan.

Tetapi hingga sekarang pemblokiran sinyal seluler melalui IMEI ini masih belum efektif, beberapa perangkat yang aktif setelah tanggal 18 April masih bisa digunakan dengan baik, tetapi jika kamu masih ragu soal ini bisa konsultasi dulu dengan penjual, apakah iPhone tersebut legal dan aman untuk digunakan.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment