Perbedaan iPhone 6 dan 6S, Spesifikasi, Harga di 2020

Apple iPhone 6 dirilis resmi pada tahun 2014 dan iPhone 6S pada tahun 2015, meskipun sudah merupakan model lama kedua iPhone ini tetap menjadi pembicaraan apakah masih layak dipakai di tahun 2020. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi oleh Apple, masih banyak penjual iPhone di Indonesia yang menjual iPhone 6 dan 6S dari kondisi refurbish maupun bekas. Hal itu menjadi wajar karena dengan alasan budget yang terbatas, mengingat iPhone 6 dan iPhone 6S kondisi refurbish banyak dijual dengan harga yang terjangkau. Disini akan kita bahas perbedaan iPhone 6 dan 6S, mulai dari fisik, kamera, dan juga harganya.

perbedaan iphone 6 dan iphone 6s

Tetapi sebelum membeli mungkin kamu bingung iPhone mana yang harus dipilih, apakah iPhone 6 atau iPhone 6S. Apalagi harga iPhone 6 yang lebih murah daripada iPhone 6S, dan juga fisik dari kedua iPhone terlihat sama. Beberapa pertanyaan yang ada sebelum membeli iPhone 6 dan 6S akan muncul, seperti masih layakkah membeli iPhone 6 dan iPhone 6S di tahun 2020? Apa perbedaan iPhone 6 dan 6S?

Silahkan simak spesifikasi perbandingan dan perbedaan iPhone 6 iPhone 6S

iPhone 6iPhone 6S
Ukuran138.3 x 67.1 x 6.9 mm138.1 x 67 x 7.1 mm
Berat129 gram143 gram
Ukuran Layar4.7 inch4.7 inch
Support iOSiOS 12iOS 13
Penyimpanan16GB, 64GB, 128GB16GB, 64GB, 128GB
Micro SDtidaktidak
ProsesorA8 chip with 64-bit architecture, M8 motion coprocessorA9 chip 64-bit architecture, M9 motion coprocessor
RAM1GB2GB
Kamera8MP belakang, 1.2MP depan12MP belakang, 5MP depan
Video1080p 60fps, 720p 240fps2160p 30fps, 1080p 120fps, 720p 240fps
FingerprintTouch IDTouch ID
PortLightning, 3.5mm headphoneLightning, 3.5mm headphone
Kapasitas Baterai1,810mAh1,715mAh
JaringanLTELTE advanced
WarnaSpace Gray, Silver, GoldSpace Gray, Silver, Gold, Rose Gold
Harga bekas1,5juta ke atas1,9 juta ke atas
spesifikasi perbandingan iPhone 6 dan iPhone 6S

Perbedaan iPhone 6 dan 6S – Layar

Kedua iPhone memiliki ukuran layar yang sama yaitu 4.7 inchi dengan resolusi 1334 x 750 dan kerapatan layar 326 pixel per inchi. Dengan ukuran layar yang kecil kedua iPhone ini dapat memikat pengguna yang tidak ingin ribet karena memang pas digenggam.

Perbedaan iPhone 6 dan 6S hanya terletak di 3D Touch. Fitur ini hanya terdapat di iPhone 6S dan digunakan untuk mendeteksi berapa besar tekanan pada layar. Fitur yang berguna sebagai jalan pintas pada situasi tertentu, misalnya jika ada notifikasi chat whatsapp dan hanya ada beberapa penggalan chat saja yang bisa dibaca. Dengan fitur 3D Touch kita bisa menekan sedikit di notifikasi tersebut maka layar akan membuka secara lengkap chat yang masuk, dan jika kita menekan lebih keras lagi layar akan otomatis masuk ke aplikasi Whatsapp.

Desain Fisik

Dari segi desain fisik tidak ada perbedaan yang mencolok di keduanya, kecuali dengan warna Rose Gold yang hanya terdapat di iPhone 6S. Dari tabel perbedaan iPhone 6 dan 6S di atas dapat dilihat bahwa iPhone 6S sedikit lebih tebal dan 0,5 ons lebih berat dibandingkan iPhone 6S. Untuk pemakaian sehari-hari perbedaan ini hampir tidak terasa. Kedua iPhone memiliki tinggi dan lebar yang sama dengan layar 4.7 inch, tombol volume atas, bawah, dan lock yang terletak di posisi yang sama, serta lubang untuk headphone jack, port Lightning untuk charging, dan Touch ID.

perbedaan iphone 6s rose gold
iphone 6s rose gold / pink

Yang menjadi pertimbangan yaitu iPhone 6S terbuat dari aluminium seri 7000 yang lebih tahan dibandingkan bahan iPhone 6. Bahan yang sedikit lebih kuat ini mungkin dilakukan Apple untuk menghindari bencana “bendgate” terulang. Untuk yang belum mengetahuinya iPhone 6 pernah menjadi pembicaraan di tahun rilisnya karena mudah bengkok jika ditaruh disaku belakang dan tertekan, dan akan lebih mudah lagi bengkok di iPhone 6 Plus. Kasus “bendgate” ini sempat ramai setelah dipraktikkan oleh Unbox Therapy. Hal ini bisa menjadi pertimbangan jika ingin memilih iPhone 6 dibandingkan iPhone 6S.

Kamera

Setiap apple mengeluarkan seri S di devicenya pasti akan ada upgrade pada kamera, seperti dilihat dari spesifikasi perbedaan iPhone 6 dan 6S di atas, kamera utama dari iPhone 6S memang benar ditingkatkan menjadi 12 megapixel dibandingkan iPhone 6 dengan 8 megapixel, dan kamera depan yang sangat tinggi yaitu 5 megapixel. Dengan dua kamera tersebut iPhone 6S mampu merekam video hingga kualitas 4K, dan tentu saja hasil yang didapat pasti lebih tajam dibandingkan iPhone 6. Jika kamu memang ingin menggunakan iPhone untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, iPhone 6S menjadi pertimbangan lebih lagi daripada iPhone 6.

Dukungan software terbaru

Beruntung bagi iPhone 6S, dengan prosesor A9-nya perangkat ini masih didukung untuk iOS versi terbaru yaitu iOS 13. Dan sangat disayangkan bagi iPhone 6, apple memutuskan untuk tidak menyertakan perangkat ini untuk iOS 13 dan hanya bisa diupgrade hingga iOS 12. Banyak fitur dari iOS 13 yang saya pribadi sukai seperti Apple Arcade, kita bisa bermain game sepuasnya tanpa iklan dengan hanya berlangganan sebesar 50rb per bulan. Game nya pun lumayan banyak dan dengan grafis yang bagus, layak untuk dicoba jika kamu hobi bermain game mobile.

Perbandingan Harga iPhone 6 dan iPhone 6S

Untuk perbandingan harga iPhone 6 dan iPhone 6S yaitu kamu dapat membeli iPhone 6 mulai dari Rp 1.500.000 dan iPhone 6S mulai dari Rp 1.900.000. Harga akan lebih tinggi tergantung dari ukuran memori dari iPhone tersebut. Klik disini untuk iPhone 6 dan klik disini untuk iPhone 6S jika kamu tertarik membeli melalui tokopedia.

Kedua harga tersebut adalah harga second, karena memang lebih baik membeli iPhone second dengan aksesoris original. Jika ada penjual yang bilang barang baru atau BNIB besar kemungkinan iPhone tersebut adalah iPhone rekondisi / refurbish dengan garansi distributor karena Apple sendiri sudah menghentikan produksi baru dari iPhone 6 dan iPhone 6S. Aksesoris yang didapat dari iPhone garansi distributor juga bisa dipastikan aksesoris KW / palsu yang bisa menyebabkan iPhone mati total.

Layakkah iPhone 6 dan iPhone 6S di 2020?

Kedua iPhone masih sangat layak digunakan di tahun 2020, untuk urusan sosial media seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, atau Facebook, kedua device masih nyaman dan lancar untuk digunakan . Tetapi untuk jangka panjang bisa dipertimbangkan untuk membeli iPhone 6S. Dengan selisih sebesar Rp 400.000 saya lebih merekomendasikan kamu membeli iPhone 6S dengan fitur kamera yang hasilnya jauh lebih tajam, dan yang paling penting iOS yang didukung oleh Apple iPhone 6S akan lebih tinggi dibandingkan Apple iPhone 6.

Share di sosial media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Suka dengan postingan ini?

Daftar dan subscribe untuk mendapatkan konten terbaru!

About Ryan

Halo, saya Ryan, founder dari inisitus.com, tujuan dari blog inisitus adalah untuk share pengalaman pribadi saya di dunia seputar gadget, online, atau game online karena terkadang saya main game untuk menghilangkan kebosanan. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar, kritik atau hal yang pembaca inginkan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment